Kuliner Terfavorit Indonesia Sepanjang Masa

663 views

“Te, Sate…” Buat mereka yang sudah pernah sekali atau mungkin cukup lama tinggal di Indonesia, teriakan tukang sate barusan pastinya sudah belum asing lagi di telinga mereka. Sate merupakan makanan khas dari Jawa nan telah menyebar ke berbagai wilayah di nusantara bahkan sampai ke mancanegara sekalipun seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, Thailand, dan negara lainnya yang sudah pernah menyambangi Indonesia dan meniru resep sate ini.

Sate umumnya berisi dari sejumlah potong daging kambing, daging ayam atau sapi yang dipotong-potong seperti dadu ataupun kecil-kecil lalu ditusukkan di lidi ataupun bilah bambu tipis lalu runcing dengan berjajar. Tahap selanjutnya adalah potongan sate itu dibumbui dengan kecap dan aneka rempah-rempah kemudian dibakar sampai matang. Setelah matang, sate pada umumnya dihidangkan dengan saos yang dibuat dari aneka bumbu biasanya campuran kacang tanah, rempah-rempah, serta gula jawa. Berdasarkan penuturan pakar kuliner, asal muasal sate terpengaruh oleh kehadiran imigran Muslim dari India dan Arab ke Jawa di awal abad ke-19. Sate dipercaya adalah hasil pengembangan kebab India yang punya pengaruh Timur Tengah yang sangat erat.  Lebih detail, sate menyebar ke beberapa seantero kawasan benua Asia di awal abad ke-19 termasuk salah satunya adalah Bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, bahan-bahan sate tak lagi terbatas kepada ketiga jenis daging pada awal paragraf seja melainkan sekarang ini sudah ada inovasi baru yaitu:

  1. Sate Ikan
  2. Sate Udang
  3. Sate Kerang
  4. Sate Kelinci
  5. Sate Cumi
  6. Sate Telur Puyuh
  7. Sate Tahu
  8. Sate Bandeng
  9. Sate Usus
  10. Sate Jamur
  11. Sate Ati Ampela
  12. Sate Afrika
  13. Sate Rusuk
  14. Sate Lalat

Ada pula jenis sate lain yang spesifik daerah seperti:

  1. Sate Ponorogo
  2. Sate Padang
  3. Sate Buntel
  4. Sate Madura
  5. Sate Lilit

Hingga yang ekstrim seperti:

  1. Sate Ular
  2. Sate Ulat
  3. Sate Buaya
  4. Sate Keong
  5. Sate Belut
  6. Sate Kuda
  7. Sate Tikus
  8. Sate Kelabang

Tertarik mencicipinya? Jangan khawatir. Harga sate tak terlalu mahal, dibanderol dari harga antara Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 saja untuk satu porsi sate dan dihitung dari banyaknya tusuk sate yang dibeli.Hayoo, siapa yang berani cicipi sate jenis ekstrim tadi satu jenisnya saja?

Tags: #Kuliner Favorit #Kuliner Indonesia

Leave a reply "Kuliner Terfavorit Indonesia Sepanjang Masa"

Author: