Sejarah FC Dallas Sebagai Klub Bola Profesional

2133 views

FC Dallas ialah klub sepakbola Amerika yang bermukim di Dallas, Texas. Klub berkompetisi sebagai anggota Major League Soccer (MLS), liga top Amerika Serikat dan Kanada. Tim mulai main tahun 1996, sebagai satu dari 10 klub MLS. Sebelum era 2005, klub ini diketahui sebagai Dallas Burn. Di season reguler, FC Dallas finish terbaiknya tahun 2016, saat mereka memenangi Supporters’ Shield pertama. Tahun 2010, runner-up atas Colorado Rapids di Piala MLS. Klub ini telah menjuarai Lamar Hunt Piala AS Terbuka dua kali.

FC Dallas

Dallas dianugerahi hak Liga Utama Sepakbola tanggal 6 Juni 1995, hari yang serupa dengan klub diterbangkan menuju Kota Kansas dan Colorado. Tim itu diberi nama tuk pembakaran ladang minyak di Texas serta cuaca panas negara. Pada 17 Oktober, eks Meksiko internasional Hugo Sánchez didapuk tuk sebagai pemain tim utama mereka. Awalnya tak menarik investor, Burn dibiayai liga itu sendiri. Pada 14 April 1996, Dallas Burn memainkan debut pertama mereka, menaklukan Clash San Jose didalam kemenangan baku tembak di hadapan kerumunan 27.779 fans di Cotton Bowl. 5 hari setelahnya, Jason Kreis membuat gol pertama klub didalam kemenangan home 3-0 melawan Kansas City Wiz. Dengan rekor 17-15, Burn tuntas di kedua Wilayah Barat, posisi dibelakang Los Angeles Galaxy.

Pada Maret 2005, FC Dallas mengontrak FW Guatemala, Carlos Ruiz, yang sudah membuat 50 gol didalam 72 pertandingan tuk Galaxy dan mendapatkan penghormataan MVP tuk menolong mereka tuk Piala MLS 2002. 6 Agustus, FC Dallas menampilkan pertandingan pertama mereka di Pizza Hut Park serta mengikat New York/New Jersey Metro Stars, 2-2. Ranking kedua di Barat San Jose Earthquakes, Dallas balik ke playoff tuk pertama kalinya didalam 2 musim, kalah di semi-final konferensi ke Colorado pada adu tendangan penalti, dengan usaha Roberto Mina diselamatkan Joe Cannon. Tahun 2006, tim menutup musim reguler di divisi atas Wilayah Barat, namun kalah di partai playoff di semifinal konferensi kembali, yang menunjuk ke pemecatan Clarke. Dia digantikan Steve Morrow. Tahun 2007, pertandingan playoff ke-3 beruntun berakhir di pentas yang sama atas agregat 4-2 kalah sesama klub dari Texas, Houston Dynamo, yang bakal pergi tuk menjuarai kedua secara beruntun Piala MLS mereka. Pada 2005 dan 2007, Dallas hingga 2 final AS Terbuka Piala utama mereka semenjak kemenangan mereka 1997, kehilangan dua terpaut satu gol tuk Galaxy dan New England Revolution.

Dari sejumlah website bola termasuk website bandar bola ini semuanya sepakat mengatakan Stadion Toyota ialah satu stadion sepakbola-spesifik dengan kapasitas hingga 20.500 kursi, dibangun dan ada di kota Frisco, Texas. Penyewa utama dari stadion ini ialah Major League Soccer (MLS) FC Dallas, yang hengkang dari Cotton Bowl di pusat Dallas ke pinggiran yang berkembang cepat, bersama SMA Frisco ISD pertandingan sepakbola. Saat dirancang pertama kali, kapasitas asli tempat duduk stadion ialah 20.500 di desain dengan bentuk U dengan satu ujung stadion punya panggung permanen tuk acara konser. Namun untuk info lengkap lagi tentang berita-berita bola anda bisa mengunjungi blog khusus membahas sepakbola disini.

Legend

  1. Dane Brekken “Brek” Shea (28 Februari 1990) ialah seorang pemain sepakbola Amerika yang main sebagai gelandang tuk Orlando City, dan timnas Amerika Serikat. Shea mengawali karirnya bersama tim promosi Major League Soccer FC Dallas usai ‘merumput’ di IMG Academy.
  2. Bobby Rhine (lahir 18 April 1976 – meninggal 5 September 2011) merupakan seorang pemain sepakbola Amerika yang belakangan bermain tuk FC Dallas dari MLS. Rhine main sepakbola saat kuliah di University of Connecticut tahun 1994-1998.

Prestasi FC Dallas

  • MLS Cup Runners-up: 2010
  • Winners: 2016 Runners-up: 2006, 2015
  • Winners (Playoff): 2010
  • Winners (Regular Season): 2006, 2015, 2016

Tags: #Bola #FC Dallas #Sepakbola

Leave a reply "Sejarah FC Dallas Sebagai Klub Bola Profesional"

Author: